Bagaimana Cara Menentukan Cadangan Panas Bumi?

Uncategorized

Tahukah kamu Indonesia memiliki 40% dari seluruh potensi (resource) panas bumi di dunia. Sumber-sumber tersebut tersebar di 324 lokasi, pemanfaatan energi tersebut saat ini baru mencapai 4,2% (1.189 MW), lalu apa itu reserve atau cadangan? Reserve menurut KBBI adalah cadangan, lalu apa itu reserve estimation?

Reserve Estimation Berarti estimasi untuk menentukan cadangan, dalam panasbumi, tujuan mengetahui reserve adalah untuk mengetahui seberapa besar jumlah cadangan panasbumi tersebut. menurut SNI sumber daya (resource) diklasifikasikan menjadi: Sumber daya hipotesis, adalah hasil survey regional geologi, geokimia, dan geofisika. Luas daerah prospek ditentukan berdasarkan hasil penyelidikan geologi/geokimia/geofisika sedangkan temperature diperkirakan berdasar data geothermometer (air, gas atau isotop).

Sumber daya spekulatif, mempunyai tingkat kepastian yang rendah dan dihitung berdasar keberadaan manifestasi panas permukaan dan tanda-tanda lainnya. Luas reservoir dihitung dari penyebaran manifestasi dan Batasan geologi, temperature dihitung dari geothermometer cadangan (reserve), terdiri dari: Proven, tingkat kepastian paling tinggi dan dihitung dari paling tidak satu data sumur eksplorasi (discovery well) dan dua sumur deliniasi. Probable, tingkat kepastian lebih rendah dari proven, dihitung dari data satu sumur eksplorasi. Possible, tingkat kepastian lebih rendah lagi dari proven dan probable, dihitung dari data survey geologi, geokimia dan geofisika.

Lalu ada beberapa metode yang bisa kita pakai untuk menentukan reserve, untuk metode perbandingan biasanya dilakukan pada lokasi-lokasi yang telah dilakukan survei geokimia dan geofisika awal. Dari data geokimia dengan geothermometer dapat diperkirakan besarnya suhu reservoir, sementara dari geofisika (gravity dan magnetic) dapat diperkirakan besaran luasan reservoir. Jadi data lokasi yang akan diestimasi sumber daya panasbumi-nya dibandingkan dengan lapangan yang sudah berproduksi dengan analogi kemiripan kedua lapangan nilai konstanta densitas diambil atau konstanta dari perkiraan jenis entalpi produksi.

Yuk, simak video lebih jelasnya, disini

0
    0
    Your Cart
    Your cart is empty