Geotermal Skala Kecil Untuk Membantu Elektrifikasi Pelosok Indonesia? Apa dan Bagaimana?

Uncategorized

Seperti yang kita ketahui, pembangkit listrik apapun itu memiliki instalasi yang sangat besar dan luas seperti PLTU, PLTP dan pembangkit listrik lainnya.

Terdapat pembangkit listrik yang cukup unik dan berbeda dengan yang biasanya kita ketahui yaitu small scale off-grid geothermal.

Small scale off-grid geothermal adalah PLTP stand-alone berskala kecil dan tidak terkoneksi dengan grid PLN yang dapat menjadi alternatif sumber energi listrik terbarukan untuk daerah yang sulit terjangkau.

Apa perbedaannya dengan geotermal power plant biasa? 

Small scale off-grid geothermal memiliki kapasitas produksi lebih kecil dibandingkan PLTP besar yaitu sebesar 100 kW – 1.5 MW dibandingkan PLTP besar yang bisa menghasilkan lebih dari 30 MW. Selain itu suhu pada sistem ini berkisar di 100-170℃ sehingga menggunakan sistem binary

Small scale off-grid geothermal ini memakai teknologi small binary modular power plants, dimana sistem kerjanya itu air panas dari dalam sumur akan menguapkan working fluid dengan titik didih yang sangat rendah. Kemudian uapnya akan memutar turbin. Berbeda dengan binary power plant adalah tentu saja dengan modul dan size teknologi yang jauh lebih kecil sehingga dapat mengakomodasi rural area. Salah satu daerah yang bisa di instalasi small scale off-grid geothermal adalah daerah Timur Indonesia.

Beberapa daerah Timur masih mempunyai rasio elektrifikasi di bawah rata-rata rasio elektrifikasi nasional yaitu sebesar 95%, yaitu NTT, Maluku, Papua, dan Sulawesi Tenggara. Small scale off-grid geothermal cocok digunakan karena daerah yang  mayoritasnya masih menggunakan bahan bakar fosil yang tidak murah dan tidak ramah lingkungan

Apa yang membuat small scale off grid geothermal ini unik dan menarik dari yang lain?

1. Menggunakan energi geotermal. Sistem ini menghasilkan no emissions yang berarti tidak ada polusi dan ramah lingkungan. Selain itu marginal cost dari sistem ini bisa dibilang near zero atau sangat kecil.

2. Biaya generasi yang diprediksi lebih murah yakni US$ 0.15 per kWh dibandingkan off-grid diesel dan PV yang mencapai lebih dari UD$ 0.3 kWh

3. Size yang lebih kecil akan membantu mengatasi permasalahan listrik di daerah-daerah yang kurang terjangkau dengan grid PLN.

Ternyata small scale off-grid geothermal sangat bermanfaat ya mengatasi masalah supply listrik di Indonesia, terutama pada daerah yang kurang terjangkau dan memiliki potensi geotermal yang tinggi!

Pelajari lebih lengkap di sini.

0
    0
    Your Cart
    Your cart is empty