Embargo Minyak Bumi ke A.S. sebagai lahirnya Ekonomi Energi

Uncategorized

Tahun 1970-an merupakan salah satu tahun bersejarah yang tercatat dalam sejarah Amerika Serikat. Pasalnya Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) yaitu organisasi negara-negara pengekspor minyak bumi memutuskan untuk melakukan embargo atau menghentikan ekspor minyak bumi ke Amerika Serikat. Kondisi ini menyebabkan harga minyak melambung empat kali lipat dari harga awal. Harga ini adalah harga tertinggi sejak 1930-an sehingga disebut “first oil shock 1970s”. Penyebab dari kondisi ini adalah konflik yang terjadi antara negara Arab dan Israel. Egypt dan Syiria menyerang Israel pada perang Yom Kippur. Arab sebagai salah satu anggota OPEC mengajukan embargo kepada Amerika Serikat karena Amerika memasok militer Israel. Embargo ini juga diperluas ke negara-negara lainnya yang diduga ikut mendukung militer Israel seperti Belanda, Portugal, dan Afrika Selatan.

Amerika diketahui sebagai pengimpor minyak bumi terbesar. Harga minyak yang meroket, membawa Amerika Serikat jatuh pada resesi 1973-1975. Krisis energi ini menyebabkan harga barang naik karena biaya produksi yang meningkat, pendapatan per kapita menurun, dan pengangguran yang meluas karena perusahaan berusaha memangkas biaya produksi. Sejak kejadian itu, banyak peneliti, academia dan pembuat kebijakan tertarik untuk mendalami studi energy hingga muncul  cabang dari ilmu ekonomi yaitu Ekonomi Energi.

Sebenarnya, apa itu ekonomi energi ?

Ekonomi energi terdiri dari dua kata yaitu energi dan ekonomi. Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja. Sumber energi merupakan bagian dari sumber daya alam. Sumber daya alam dianggap sebagai sumber yang terbatas atau disebut dengan langka. Kelangkaan muncul karena adanya keinginan manusia yang tidak terbatas terhadap sumber yang terbatas. Scarcity adalah kondisi ketika kita harus memilih suatu alternatif sehingga melepaskan alternatif lainnya. Ekonomi adalah sosial science yang mempelajari bagaimana individu atau kelompok memilih dari alternatif yang tersedia. Jadi, ekonomi energi adalah salah satu cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari bagaimana individu atau kelompok memanfaatkan sumber daya yang langka dengan alternatif pemakaian dan produksi komoditas dan konsumsi di masa sekarang atau dimasa mendatang.

Seberapa penting sih kita harus paham ekonomi energi?

Jadi kembali ke kasus  embargo minyak bumi  di Amerika Serikat. Penghentian ekspor minyak bumi oleh OPEC ke Amerika Serikat sangat mengguncang perekonomian Amerika Serikat. Diharapkan metode-metode dalam ilmu ekonomi, dapat melahirkan strategi pemanfaatan energi yang  lebih efektif dan efisien. Sehingga dapat menciptakan stabilitas ekonomi.

Pelajari lebih lengkap di sini.

0
    0
    Your Cart
    Your cart is empty