Boiling Chloride Spring

Uncategorized

Nah di video kali ini, kita mau bahas salah satu jenis mata air panas yang sangat bermanfaat dalam proses analisis geokimia panas bumi, yang tak lain adalah Boiling Chloride Spring! Boiling Chloride Spring, atau yang dalam bahasa indonesia disebut mata air panas klorida mendidih, adalah manifestasi yang memberikan informasi paling baik terkait bawah permukaan. Kenapa bisa begitu? Kita kenalan dulu yuk sama jenis mata air panas yang satu ini!

 Air klorida adalah fluida panas bumi yang ditemukan di sebagian besar sistem suhu tinggi. Area yang berisi mata air panas dengan konsentrasi Cl tinggi pada umumnya berasal langsung dari reservoir, dan mencirikan zona permeabel di bawah permukaan. Mata air panas atau mendidih biasanya mengeluarkan air klorida dengan konsentrasi total dissolved solids (TDS) sebesar 3000-5000 mg/kg atau setara dengan 1 sendok teh gula yang larut dalam 1 liter air loh! Apa sih yang membedakan mata air panas klorida dengan mata air panas lain apabila dilihat langsung di lapangan?

 Ciri khas dari air klorida ini ketika dilihat langsung adalah tampak jernih dan berwarna biru-kehijauan, JIWAKU! Keren bukan? pH dari mata air panas klorida mendekati netral pada suhu pengukuran. Gas terlarut utama adalah karbon dioksida dan hidrogen sulfida. Di lapangan dengan kandungan gas tinggi, air klorida mungkin mengandung bikarbonat tinggi dan mendidih pada kedalaman yang lebih dalam. Tapi, bagaimana bisa ya sebuah mata air panas memiliki konsentrasi klorida yang tinggi?

 Ternyata, konsentrasi klorida yang tinggi di mata air menunjukkan air yang berasal langsung dari reservoir dalam, dengan minimal mixing atau pendinginan konduktif. Sedangkan, konsentrasi Cl rendah pada mata air panas  merupakan karakteristik dari pengenceran air tanah (groundwater dilute). Jangan lupa JIWAKU, dalam interpretasi geokimia air, tidak semua mata air menghasilkan informasi yang dapat dipercaya tentang kondisi di kedalaman atau bawah permukaan. Mata air panas klorida dengan outflow yang kuat selalu mengalami kontaminasi paling sedikit, dan oleh karena itu termasuk ke dalam mature fluid dan paling sesuai untuk penyelidikan terkait reservoir panas bumi.

 Nah, seru juga kan ternyata bahasan tentang boiling chloride spring ini! Terus gimana nih tentang manifestasi panas bumi yang lain? 

 Yuk, simak lebih lanjut, disini

0
    0
    Your Cart
    Your cart is empty