Apa Itu Edge Computing?

Uncategorized

Apa edge computing itu? 

Edge computing adalah sistem komputasi yang dilakukan di dekat sumber data atau singkatnya, sistem ini memungkinkan pemrosesan secara lokal. Untuk lebih paham dengan pengertian tersebut, kita bisa analogikan dengan sebuah negara yang mempunyai segala teknologi luar biasa . Di negara tersebut, segala macam urusan dikerjakan, diproses, dan diselesaikan di pusat ibu kota misalnya.

Berbagai macam hal dan masalah baik itu dari yang paling penting, mendesak hingga hal-hal paling remeh akan dikirimkan ke ibu kota tersebut untuk diproses. Seperti itulah prosesnya, semua berjalan dengan baik tanpa ada kendala. Tahun berganti tahun semakin banyak penduduk yang lahir ditambah banyak orang yang pindah ke negara tersebut. Namun  hal tersebut justru melahirkan banyak sekali masalah seperti begitu banyak kecelakaan, tindak kriminal, dan permasalahan lainnya yang  sebenarnya dapat diselesaikan tetapi tidak dapat di respon dengan cepat. Hal ini terjadi karena begitu banyak laporan yang berdatangan ke ibu kota sehingga hal-hal penting dan urgent tidak dapat segera ditangani. Untuk mengatasi hal ini sang presiden dengan cerdik membuat sebuah inovasi bersama edge computing. Inovasi ini membuat segala macam urusan tidak semua diproses di ibu kota tetapi di tiap-tiap kota terlebih dahulu atau dengan kata lain diproses dekat dengan sumber dari urusan tersebut. Dengan sistem seperti ini semua urusan yang penting dan menuntut kesigapan akan langsung diproses tanpa harus melalui prosedur awal yang sangat memakan waktu.

Dalam kehidupan sehari-hari sistem ini sangat membantu perkembangan teknologi karena memiliki beberapa kelebihan, seperti edge computing mampu memberikan proses yang cepat tanpa mengirimkan data ke pusat sehingga kita dapat cepat melakukan mitigasi jika ada masalah dan proses ini dapat memungkinkan pemrosesan data dengan koneksi internet yang limited dan mengurangi bandwidth ke server .

Namun ada juga ni beberapa tantangan pada edge computing, seperti:

1.Kebutuhan perangkat tambahan untuk memproses data secara lokal.

2.Kemungkinan ada nya serangan terhadap perangkat yang sulit untuk di back-up.

Pada implementasinya, sistem edge computing ini dapat diterapkan pada dunia nyata dan dilakukan pada sektor yang membutuhkan perhatian dan respon cepat, kemudian ditempatkan sedekat mungkin dengan sumber data.

Kesimpulannya, edge computing adalah sistem komputasi yang dilakukan pada atau di dekat sumber data dan memiliki peruntukannya tersendiri. Tentunya proses ini juga akan sangat membantu perkembangan teknologi apalagi jika digabungkan dengan cloud computing system.

Pelajari lebih lengkap di sini.

0
    0
    Your Cart
    Your cart is empty