Untuk Kamu Geoscientist yang Cari Kerja, Wajib Tonton 5 Skill yang Dicari Perusahaan!

Uncategorized

Untuk mengasah skill dalam persiapan di masa kerja nanti. Kira-kira apa aja ya skill yg dibutuhkan professional geosaintis? Ada 5 tips untuk persiapan di dunia kerja profesional sebagai geosaintis.

1. Teamwork

Seperti kita ketahui bersama, cabang ilmu geoscience atau cabangnya sangat identik dengan kerja lapangan. Tentunya kerja lapangan selalu dikerjakan bersama-sama, maka teamwork yang baik harus dilaksanakan agar semua proyek bisa selesai dengan cepat dan baik. 

2. Adaptasi

Adaptasi disini baik dalam organisasi atau teman kerja maupun dengan kondisi lapangan. Seringnya survey di tempat yang berbeda-beda membuat kita harus bisa beradaptasi dengan cuaca, suhu dan masyarakat setempat agar semua berjalan dengan baik. Selain itu, kondisi fisik juga harus tetap dijaga ketika sedang melakukan kegiatan lapangan. Maka dari itu kita harus bisa beradaptasi dengan baik.

3. Analisis dan critical thinking 

Kemampuan ini merupakan salah satu basic skill yang harus dimiliki oleh semua calon pekerja. Dalam segala proses bidang yang sedang dikerjakan akan sangat perlu untuk berpikir kristis agar menghasilkan keputusan yang paling baik.

4. Komputasi dan digitaliasi

Perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat kita harus memiliki kemampuan untuk mengasah kemampuan di bidang ini. Contohnya di bidang geotermal saat ini sudah menggunakan banyak teknologi untuk pemodelan data sumur untuk power plant, bahkan untuk memodelkan finasial project. Di dukung dengan data dari World Economic Forum, komputasi dan digitalisasi menjadi salah satu bidang yang sangat dibutuhkan oleh semua industri.

5. Unique value

Setiap orang pasti mempunyai ciri khas masing-masing yang membuat mereka berbeda satu sama lain. Berdasarkan World Economic Forum, social skill menempati urutan teratas dalam kebutuhan skill yang harus dimiliki. Social skill ini meliputi berkoordinasi dengan orang lain, kecerdasan emosional, negosiasi, persuasi dan hal lainnya yang dibutuhkan untuk berada di lingkungan sosial.

Pelajari lebih lengkap di sini.

0
    0
    Your Cart
    Your cart is empty