Input User Pada Python

Uncategorized

Saat ini kita akan coba membuat program pendek yang menanyakan makanan favorit audience, dan meminta audience untuk mengetikkan jawabannya. Kemudian, akan kita print kalimat pendek yang menggunakan inputan tersebut. Untuk melakukan hal ini, kita menggunakan metode input() 

Jadi pertama yang harus dilakukan adalah kita deklarasi dulu sebuah variabel, misalnya variabel makanan, di mana variabel warna memiliki fungsi input. Fungsi input ini kemudian disusul dengan tanda kurung, dan di dalam tanda kurung tulisan “Apa makanan favoritmu? “. Fungsi input ini akan menge-print kalimat di dalam kurung dan kemudian ia akan menunggu user memberi balasan atau memasukkan nilai. Nilai yang nanti dimasukkan user itulah yang akan tersimpan di variabel makanan.Sesudah  memasukkan apa makanan favorit kita, misalnya rendang, kita ingin agar ada pesan muncul seperti misalnya “Aku juga suka rendang!”. Caranya adalah kita print lalu di dalam kurung tambahkan tulisan “Aku juga suka” lalu koma, dan diikuti variable name. Selain menggunakan koma, kita juga dapat menggunakan operator plus (+) dan diikuti variabel makanan.  

Jadi selain digunakan dalam operator aritmatika, operator ini juga bisa digunakan untuk menggabungkan string. Jadi di sini, kata yang tadi kita input ke variabel makanan akan digabungkan, atau direkatkan ke kalimat “aku juga suka”. Coba kita run program ini untuk lihat apa yang terjadi ya. Setelah kita run, di terminal akan muncul pertanyaan yang tadi kita tentukan, yaitu “Apa makanan favoritmu? “. Sekarang coba kita ketikkan rendang, dan enter. Maka di belakang layar Python menyimpan rendang itu ke variabel makanan. Kemudian dia lanjut mengeksekusi line kedua, yakni line print, sehingga di terminal kita mendapatkan pesan “Aku juga suka rendang”

Yuk nonton disini!

0
    0
    Your Cart
    Your cart is empty