Hubungan Pasar Saham, Pacaran, dan Sumur Geotermal Sebuah Peluang dan Risiko

Uncategorized

Investasi pasar saham atau kripto digadang-gadang menjadi pilihan investasi masa depan yang semakin digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Seorang Elon Musk saja baru-baru ini sudah menginvestasi US$1,5 miliar di bitcoin.

Namun, apakah ini uang Elon Musk  sudah berarti aman? Jawabannya belum tentu. Tentu saja dalam pasar saham ataupun kripto ada namanya peluang dan risiko. 

Pertama, berbicara soal peluang, ada satu quotes menarik dari Legend of Science, Albert Einstein nih yang bisa membantu kita paham mengenai istilah peluang ini. “In the middle of every difficulty lies opportunity” yang memiliki arti “Di tengah setiap kesulitan ada peluang”. Ya dari situ kita bisa tarik kalau peluang ini adalah sebuah kesempatan kita untuk mencapai suatu tujuan. Contoh kesehariannya dapat dilihat dari bagaimana cara kamu memanfaatkan peluang untuk dapat pekerjaan, berbisnis, sampai peluang mendapat IPK yang bagus.

Kedua adalah risiko, pernahkah kalian berpikir bahkan kehidupan ini penuh dengan risiko?
Ya, memang kata risiko  bisa diartikan sebagai suatu konsekuensi yang muncul akibat proses yang sedang berlangsung. Contoh ilustrasinya, dalam aspek kesehatan kalau kita jarang olahraga pastinya kita berisiko mudah terserang penyakit, kurang semangat, dan sebagainya.

Pada intinya dalam suatu situasi kondisi, risiko dan peluang itu bergantung pada sudut pandang masing-masing. Sudut pandang seorang laki-laki  bisa saja melihat ini sebuah peluang, tetapi seorang perempuan bisa saja melihat ini menjadi sebuah risiko. Pada penerapannya, risiko dan peluang ini dapat dianalisis juga dengan menggunakan metode tertentu untuk semua kasus, salah satunya dalam pengembangan sumber daya panas bumi.

Apa pentingnya analisis risiko dan peluang di pengembangan geotermal ? 

Misalnya sebagai informasi, biaya pengeboran sumur eksplorasi dan produksi bisa mencapai US$10 juta atau sama dengan 28.125 kali gaji rata-rata pegawai kantoran di Indonesia. Sehingga kita tidak bisa sembarangan menentukan titik pengeboran karena berisiko tidak mendapatkan hasil yang diharapkan atau rugi.

Dari situlah analisis risiko dan peluangnya sangat penting di geotermal.

Untuk lebih lengkapnya klik di sini.

0
    0
    Your Cart
    Your cart is empty