Carbon Tax, Antara Solusi dan Dilema

Uncategorized

Climate Change merupakan hal yang paling banyak didiskusikan akhir-akhir ini. Hal ini disebabkan oleh global warming dan akan sangat berdampak bagi kehidupan banyak orang. Salah satu langkah untuk mengurangi angka emisi karbon adalah penerapan Carbon Tax. Carbon Tax merupakan pajak yang harus kita bayarkan ke pemerintah atas jumlah emisi karbon yang dikeluarkan oleh subjek pajak, baik oleh individu, badan atau perusahaan tergantung kebijakan negara masing-masing. Biasanya, Carbon Tax dihitung dalam satuan per ton karbon yang diemisikan. Pemberlakuan Carbon Tax bertujuan untuk menekan emisi karbon ke atmosfer dan dapat mengendalikan perubahan iklim.

Terdapat Dilema dibalik intensi penerapan Carbon Tax, di satu Sisi pemberlakuan Carbon Tax  akan menyelamatkan lingkungan dan mengurangi emisi dengan cukup efektif, di sisi lain harga karbon yang lebih tinggi akan membuat kenaikan harga produksi dan bahan bakar. Hal ini akan semakin menyulitkan masyarakat dengan kondisi ekonomi yang kurang beruntung. Kondisi ini dapat memicu timbulnya demonstrasi di beberapa tempat seperti yang telah terjadi di Australia.

Pada tahun 2012 Perdana Menteri Australia yaitu Julia Gillard memberlakukan Carbon Tax sebesar 23$ Australia/ton emisi karbon untuk 350 perusahaan produsen emisi  tertinggi. Hal tersebut mengakibatkan kenaikan harga bahan bakar dan harga produksi barang. Dan tentunya hal ini menyebabkan terjadinya demonstrasi di beberapa tempat. Carbon Tax dinilai menghancurkan ekonomi dan menimbulkan banyak pengangguran. Carbon Tax di negara Australia hanya bertahan 1 tahun, sebelum akhirnya kebijakan tersebut dihentikan.

Solusi di negara Australia adalah, pemerintah Australia menyiapkan dana sebesar 1 miliar dolar Australia untuk diinvestasikan kepada perusahaan-perusahaan guna mengembangkan teknologi rendah emisi seperti stasiun pengisian bahan bakar hidrogen. Selain itu Australia juga berencana memaksimalkan penggunaan biofuel dan menerapkan teknologi Carbon Capture and Storage (CCS) guna menekan emisi di negara tersebut.

Yuk, simak video lebih jelasnya, disini

0
    0
    Your Cart
    Your cart is empty