Pemanfaatan Langsung Energi Panas Bumi, Apakah Bisa?

Uncategorized

Selain dapat dipakai sebagai sumber tenaga pembangkit listrik, energi panas bumi dapat juga dimanfaatkan secara langsung dimana panas dari fluida dimanfaatkan secara langsung untuk memanaskan suatu obyek tanpa ada konversi energi lain, misalnya untuk memanaskan air, tanaman, dan lain-lain. Pemanfaatan energi panas bumi secara langsung hanya dapat dilakukan di dekat lokasi terdapatnya sumber panas bumi.

Jadi, dapat dijelaskan bahwa Pemanfaatan Langsung adalah kegiatan pengusahaan pemanfaatan Panas Bumi secara langsung tanpa melakukan proses pengubahan dari energi panas atau fluida menjadi jenis energi lain untuk keperluan non-listrik. Atau lebih simpelnya, memanfaatkan energi panas bumi secara langsung yang tampak pada permukaan bumi.

Lalu pertanyaan yang muncul apakah bisa panas bumi langsung dimanfaatkan? Jelas bisa karena, daerah sekitar panas bumi memiliki manifestasi yang bisa dimanfaatkan secara langsung ataupun bisa juga dalam bentuk sumber panas didalam bumi yang digunakan untuk penggunaan di Heat Exchanger atau alat penukar panas sehingga diperoleh air hangat untuk dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari yang dapat dimanfaatkan sesuai dengan keperluan. Beberapa contoh pemanfaatan panas bumi secara langsung adalah pemandian air panas, Pemandian air panas memanfaatkan manifestasi permukaan yang berupa air panas.

Dengan proses filterisasi untuk mengurangi kandungan bahan kimia agar bisa digunakan untuk pemandian, maka manifestasi tersebut sudah aman untuk digunakan. Selain dimanfaatkan sebagai pemandian air panas, pemanfaatan langsung panas bumi juga dimanfaatkan pada budidaya perikanan, dimana air hangat yang telah difilterisasi dapat membudidayakan ikan. Contoh pada budidaya ikan ini adalah di dataran tinggi dieng, dimana masyarakat setempat menggunakan air hangat sebagai media budidaya ikan tawar seperti mujair, ikan mas, ikan lele, dll. Oh ya, perlu kalian ingat bahwa pemanfaatan langsung panas bumi bersifat site-depedent artinya bahwa energi tersebut tidak bisa ditransport melainkan hanya dapat dimanfaatkan ditempat terdapatnya energi panas bumi tersebut.

Yuk, simak video lebih jelasnya, disini

0
    0
    Your Cart
    Your cart is empty