Operator pada Python

Uncategorized

Halo JIWAKU! Kali ini kita akan membahas tentang jenis-jenis operator yang ada di Python. Yuk simak artikelnya! Yang pertama adalah operator aritmatika. Operator aritmatika di Python terdiri atas penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian. Pembagian ini terbagi atas pembagian dengan satu slash, yang akan menghasilkan float untuk pembagian bersisa. Kemudian pembagian dengan dua slash, yang akan membulatkan hasil ke bawah, menjadikannya integer. Kemudian ada modulus, yang akan menghasilkan sisa dari pembagian. Dan terakhir, ada pangkat.

 Seandainya kita ingin melakukan suatu operasi terhadap variabel itu sendiri, contohnya a = a + 5, kita dapat menuliskannya sebagai a += 5. Bentuk ini adalah apa yang disebut sebagai operator assignment. Semua operator aritmatika yang tadi disebutkan dapat digunakan dalam bentuk operator assignment.

 Kemudian ada yang namanya operator pembanding. Operator pembanding, seperti namanya, akan membandingkan nilai yang ada. Contohnya x = 10 dan y = 15. Kemudian kita bandingkan apakah x kurang dari y dengan mendeklarasinya ke variabel tes. Jika diprint, maka keluarannya akan dalam bentuk boolean, yakni true atau false. Nah karena x memang kurang dari y, maka nilai yang keluar adalah true. Operator pembanding terdiri atas kurang dari, lebih dari, sama dengan, tidak sama dengan, kurang dari sama dengan, dan lebih dari sama dengan.

Python ini juga memiliki operator logika, loh!

Pengen tahu penjelasan lebih lengkapnya? Yuk simak disini!

0
    0
    Your Cart
    Your cart is empty