Cadangan Panas Bumi

Uncategorized

Sumber daya panas bumi adalah potensi panas bumi terdiri dari spekulatif, hipotetis, dan cadangan yang jumlah dan keterdapatannya ditentukan dengan parameter ilmu kebumian yang memungkinkan dapat diekstraksi sebagai sumber energi. Sedangkan cadangan panas bumi adalah merupakan bagian dari sumber daya yang terdiri dan cadangan mungkin, cadangan terduga, dan cadangan terbukti yang masing-masing potensi dan keterdapatannya ditentukan dengan parameter ilmu kebumian ninci dan dibuktikan oleh data sumur bor yang memungkinkan diekstraksi sebagai sumber energi di masa kini.

Peningkatan status sumber daya panas bumi menjadi suatu cadangan pada hakekatnya adalah peningkatan tingkat keyakinan atau certainty status potensi energi panas bumi yang terkandung karena semakin lengkapnya data yang tersedia dari hasil survei yang diterapkan. Sumber daya spekulatif mempunyai tingkat kepastian yang paling rendah dan dihitung hanya berdasarkan keberadaan manifestasi panas bumi permukaan dan geologi permukaan serta struktur geologi. Sedangkan sumber daya hipotesis dapat dihasilkan dari data pengamatan kondisi geologi seperti pembuatan peta citra dan geomorfologi, pengukuran geokimia seperti analisa kimia air, analisa isotop 18O dan 2H dan geofisika seperti melakukan pengukuran gaya berat dan geomagnet sehingga  paling sedikit dapat menggambarkan sebaran reservoir secara lateral dan temperatur reservoir yang diestimasi. 

Selain dari penentuan sumber daya untuk meningkatkan keyakinan dan telah diperolehnya data yang lebih komplek maka dilakukannya perhitungan cadangan. Untuk menentukan cadangan terbagi menjadi tiga kelas yaitu cadangan terduga, cadangan mungkin dan cadangan terbukti. Dalam kelas cadangan Terbukti, estimasi potensi energi panas bumi pada umumnya menggunakan metoda simulasi. Metoda simulasi ini menggunakan parameter-parameter yang diukur dari sumur panas bumi yang ada dan dibutuhkan dalam perhitungan potensi energi pada suatu lapangan panas bumi. Dari cadangan terbukti ini kita dapat menentukan umur pembangkit listrik, faktor konversi listrik serta kepercayaan yang tinggi akan total sumber daya yang dimiliki.

Yuk nonton disini!

0
    0
    Your Cart
    Your cart is empty