Aliran Dua Fasa

Uncategorized

Aliran dua fasa didefinisikan sebagai aliran bersama yang interaktif antara 2 fasa berbeda dimana tiap fasa mewakili massa atau volume materinya. Dalam aliran panas bumi, 2 fasa yang dimaksud adalah uap dan air. Aliran dua fasa ini sama seperti ketika  membuka keran yang berisi air panas, yang biasanya terdapat uap yang keluar bersama air di dalam keran. Perbedaan paling dasar antara aliran 2 fasa dan 1 fasa adalah jumlah fasa yang mengalir dimana pada 1 fasa hanya ada air atau gas yang mengalir sedangkan pada aliran 2 fasa fluida yang mengalir adalah berupa air dan gas secara bersamaan.

Proses yang terjadi pada reservoir umumnya yaitu fluida dari reservoir masuk ke lubang sumur pada kondisi satu fasa air (reservoir dominasi air) dan kemudian dalam perjalanannya menuju permukaan mengalami flashing atau proses berubahnya fluida fasa air menjadi fasa uap oleh penurunan tekanan sehingga mengakibatkan aliran menjadi 2 fasa.

Terdapat beberapa hal yang membuat aliran 2 fasa berbeda. Pertama, Kecepatan superficial yaitu kecepatan masing-masing fasa uap dan air jika mengalir sendiri di dalam pipa, lalu Kecepatan in-situ uap dan air yaitu kecepatan sebenarnya untuk uap (Ag) dan air (Al) yang masing-masing menempati luas area sebenarnya, kemudian fraksi uap yang merupakan nilai persentase massa uap dari fluida total, Perbedaan kecepatan antara uap dan air dinyatakan sebagai kecepatan Slip akibat densitas uap yang lebih rendah, kemudian Void fraction adalah fraksi volume pipa yang ditempati oleh uap dan Liquid hold-up sebaliknya fraksi volume pipa yang ditempati oleh air, lalu Densitas dan Viskositas campuran yang bergantung pada fraksi volume sebenarnya dari masing-masing fasa. Kemudian, Pola aliran dimana uap dan air dapat berada dalam suatu campuran yang homogen, atau air tersebut dapat berbentuk slug (sumbatan) dengan uap mendorong dari belakangnya, atau uap dan air berada dalam kondisi sejajar satu sama lain atau dalam pola aliran lain yang akan dijelaskan lebih detail pada video lainnya.

Yuk nonton disini!

0
    0
    Your Cart
    Your cart is empty